Laboratorium Farmakologi

Fakultas Ilmu Kesehatan

1. Identitas Laboratorium

Laboratorium Farmakologi di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

1 Fakultas : Fakultas Ilmu Kesehatan
2 Nama Laboratorium : Laboratorium Farmakologi
3 Laboran Penanggung Jawab : Enik Yuliantin, A.Md. Farm
4 Luas Ruang : 102 m²

2. Gambaran Umum Laboratorium Farmakologi di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Laboratorium farmakologi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya membekali mahasiswa dalam bidang farmakologi untuk menilai efektifitas dan keamanan suatu produk dengan melakukan praktikum-praktikum uji aktifitas dan keamanan senyawa obat baik sintesis dan herbal pada hewan uji berupa tikus maupun kelinci. Selain itu mahasiswa juga menpelajari ilmu farmakokinetik farmasi, perjalanan obat setelah diberikan kedalam tubuh mengalami absorpsi, distribusi, metabolisme dan ekskresi, dengan farmakokinetik dapat dilihat perjalanan obat dalam tubuh dan pengaruhnya.

Pengetahuan akan bidang farmakologi dan farmakokinetik menunjang untuk menghasilkan lulusan yang kompeten yang dapat bersaing dalam bidang farmasi.

A. Kegiatan Praktikum Pada Laboratorium Ini Yaitu:

  1. Praktikum Farmakologi I
  2. Praktikum Farmakologi II

B. Beberapa Alat Pada Laboratorium Farmakologi

  1. Timbangan Digital
  2. Plestimometer
  3. Kandang Hewan Uji

Tujuan :

  • Sebagai tempat melaksanakan praktikum yang menunjang kegiatan pembelajaran dan penelitian mahasiswa melakukan perlakuan meliputi kajian tentang bahan alam, obat tradisional, skrining fitokimia.
  • Sebagai tempat melaksanakan kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi seluruh civitas akademika UM Palangkaraya, stakeholder dan masyarakat.